KamenFardan.blogspot.com

FardanJulian

Jumat, 12 April 2013

Tutorial Cara Mengganti Lagu Di PES 2013




Bagi kalian penggemar Pro Evolution Soccer 2013 mungkin kurang puas dengan lagu-lagu (song) yang di putar dalam permainan. Betapa tidak, lagu-lagunya begitu melow dan kurang menyemangati kita saat bermain. Sehingga kita merasa bosan dan menurut saya itu menyebalkan.




Kali ini, insyaallah saya akan berbagi tips mengenai cara mengganti lagu (song) di Pro Evolutin Soccer 2013 tersebut.  Perlu diketahui bahwa lagu default yang ada di PES 2013 hanya berjumlah 10 buah. Berbeda dengan PES tahun sebelumnya yang lebih dari 15 buah lagu. Cukup disayangkan memang jumlah lagu yang bisa diputar hanya sedikit tapi tak mengapa marilah kita coba!

1.    Pertama siapkan dahulu 10 lagu favorit kalian dalam format .mp3, kalau saran saya lagu tersebut adalah lagu yang bersemangat dan menggairahkan.
2.    Masukkan lagu-lagu tersebut ke dalam sebuah folder bernama “dt02.img”
3.    Perlu diketahui bahwa format “.mp3” tidak akan bisa dibaca dalam PES 2013, untuk itu kalian perlu memformat kesepuluh lagu tersebut ke dalam format “.adx”. Silakan menggunakan software “PES Sound File Converter 1.8” bisa di download di sini.

PES Sound File Converter 1.8
4.    Buka aplikasinya, lalu “add” file “.mp3” kalian kemudian “next” maka file akan terkonvert menjadi “.adx” kemudian masukkan file-file “.adx” tersebut ke dalam folder “dt02.img” yang telah dibuat tadi, sebelumnya file-file “.mp3” di dalamnya dihapus saja.
5.    Kemudian ganti nama file-file “.adx” tersebut dengan nama-nama seperti gambar di bawah ini.
Nama seperti di atas
6.    Saatnya membuat library untuk daftar lagu tersebut, buatlah new text document (.txt) baru kemudian beri nama “songs.txt”
7.    Buka file tersebut lalu isikan dengan perintah di bawah ini. Ingat angka 19, 20, 21, dst berhubungan dengan nama pada file-file “.adx” yang sudah dinamai sebelumnya.
Contoh yang sudah jadi
8.    Di atas adalah contohnya, silakan kalian ganti sesuai judul lagu dan nama band yang ada dalam file-file kalian. Setelah kalian memberi judul lagu dan nama band pada notepad tersebut kemudian save.
9.    Saatnya eksekusi, pindahkan folder “dt02.img” yang berisi file “.adx” tadi ke direktori PES 2013 yang terinstall. Tepatnya : Pro Evolution Soccer 2013 > kitserver13 > pesedit > img, paste di dalam folder “img” lalu replace saja.
10.    Pindahkan file “songs.txt” tadi ke direktori PES 2013 yang terinstall. Tepatnya : Pro Evolution Soccer 2013 > kitserver13 > pesedit, paste di dalam folder “pesedit” lalu replace saja.
11.    Selesai, coba buka PES 2013 kalian dan selamat mendengarkan lantunan nada favorit kalian!

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar